Friday 20 November 2015

Manfaat Sekam Bakar Sebagai Media Tanam Konvensional Maupun Hidroponik

Sekam merupakan salah satu dari bulir padi-padian (serealia) berupa lembaran yang kering, bersisik, dan tak bisa dimakan, yang melindungi tahap dalam (endospermium dan embrio). Sekam padi (kulit gabah) adalah hasil penggilingan alias penumpukan gabah. Sekam padi adalah lapisan keras yang meliputi karipilihans, terdiri dari belahan lemma dan palea yang saling bertautan, umumnya ditemukan di areal penggilingan padi. Dari proses penggilingan padi, biasanya diperoleh sekam 20 –30%, dedak 8 – 12 %, dan beras giling 50 – 63,5% dari bobot awal gabah. Kurang lebih 20 % dari berat padi adalah sekam padi, dan bervariasi dari 13 hingga 29 % dari komposisi sekam adalah abu sekam yang rutin dihasilkan setiap kali sekam dibakar.

Sekam tersusun dari jaringan serat-serat selulosa yang mengandung tak sedikit silika dalam bentuk serabut-serabut yang sangat keras. Pada keadaan normal, sekam berperan penting melindungi biji beras dari kerusakan yang dikarenakan oleh serangan jamur, bisa mencegah reaksi ketengikan sebab bisa melindungi lapisan tipis yang kaya minyak kepada kerusakan mekanis selagi pemanenan, penggilingan dan pengangkutan. Dalam pertanian, sekam bisa dipakai sebagai campuran pakan, alas kandang, dicampur di tanah sebagai pupuk, dibakar, alias arangnya dijadikan media tanam.

Sekam mempunyai kerapatan tipe bulk density 125 kg/m3, dengan kualitas kalori 1 kg sekam padi sebesar 3300 k.kalori dan ditinjau dari komposisi kimiawi, sekam mengandung karbon (zat arang) 1,33%, hydrogen 1,54%, oksigen 33,645, dan Silika (SiO2) 16,98%, artinya sekam bisa dikegunaaankan sebagai bahan baku industri kimia dan sebagai sumber energi panas untuk kebutuhan manusia. Komposisi sekam sebagai berikut, Kadar Air 9,020 %, Protein Kasar 3,027 %, Lemak 1,180 %, Serat Kasar 35,680 %, Abu 17,710 %, Karbohidrat kasar 33,710 %.

Arang adalah residu hitam berisi karbon tak murni yang dihasilkan dengan menghapus kandungan air dan komponen volatil dari fauna alias flora. Arang sekam adalah sekam padi yang sudah melewati proses pembakaran tak sempurna jadi tak hingga menjadi abu. Arang sekam adalah salah satu alat untuk membikin media tanam. Sekam terbuat dari pembakaran kulit padi, di buat menjadi arang sekam sebagai salah satu media tanam sistem hidroponik.

Butuh Media Tanam Arang Sekam Pesan saja dengan mengklik JUAL SEKAM BAKAR MURAH BERKUALITAS. Arang yang hitam, ringan, mudah hancur, dan meyerupai batu bara ini terdiri dari 85% hingga 98% karbon, sisanya adalah abu alias benda kimia lainnya . ada berbagai tutorial pembuatan arang sekam, yaitu :

Pembuatan arang sekam dengan tutorial disangrai. Pada prinsipnya pembuatan arang sekam dengan tutorial ini adalah dengan tutorial disangrai. Peralatan yang diperlukan adalah tungku dan seng. Caranya, sekam padi diletakkan di atas seng yang sudah ditempatkan di atas tungku. Selanjutnya sekam disangrai sambil diaduk. Dengan tutorial ini bakal diperoleh arang sekam setidak sedikit 40-50 kg dari 100 kg sekam segar.

Pembuatan arang sekam dengan tutorial dibakar dalam tong perlahan-lahan. Caranya, masukkan sekam ke dalam tong hingga tinggi kurang lebih 20 cm. Tuang oli ke dalam tong dan bakar. Apabila asap dari pembakaran bertidak lebih maka sekam ditambah sedikit demi sedikit hingga tong penuh. Kemudian tong ditutup karung basah dan di atasnya diberi tutup hingga rapat. Biarkan sekam menjadi dingin. Seusai itu pisahkan arang sekam dengan abunya melewati penyaringan. Jumlah arang sekam yang diperoleh juga kurang lebih 40-50 kg dari 100 kg sekam segar. Tutorial ini tak lebih efisien sebab memerluan waktu yang lebih lama dibandingkan tutorial disangrai.

Pembuatan arang sekam dengan tutorial dibakar bersamaan dalam drum. Letakkan pralon alias bambu ditengah drum. Tuangkan sekam disekeliing bambu tadi sambil dipadatkan hingga drum terisi penuh dengan sekam. Cabut bambu/ pralon tani. Buatlah sumber api dicelah tadi memakai kayu bakar alias yang lain. Biarkan asap mengepul hingga sekam menjadi arang semua.

Manfaat Sekam Bakar
Arang sekam padi biasa dipakai sebagai pupuk dan bahan baku briket arang. Dijelaskan lebih lanjut bahwa tidak hanya dipakai untuk arang, sekam padi juga tak jarang dijadikan bekatul untuk pekan ternak. Arang sekam juga bisa dipakai sebagai campuran pupuk dan media tanam di persemaian. Faktor ini sebab sekam padi mempunyai performa untuk menyerap dan menyimpan air sebagai cadangan makanan. Pada lahan pertanian arang sekam sangat baik untuk menolong menyuburkan tanah.

Dijelaskan lebih lanjut arang sekam bisa berkegunaaan sebagai penyimpan sementara unsur hara dalam tanah jadi tak mudah tercuci oleh air, dan sangat mudah dilepaskan ketika diperlukan alias diambil oleh akar tanaman. Bisa dikatakan arang sekam berkegunaaan semacam zeolit. Arang sekam mempunyai peranan penting sebagai media tanam pengganti tanah. Arang sekam bersifat porous, ringan, tak kotor dan lumayan bisa menahan air. Dijelaskan lebih lanjut bahwa pemakaian arang sekam lumayan meluas dalam budidaya tanaman hias maaupun sayuran (khususnya budidaya dengan cara hidroponik).

BBPP Lembang menyebutkan bahwa keunggulan media arang sekam adalah bisa dipakai berbagai kali untuk dipakai. Tidak hanya tak kotor arang sekam bisa menyimpan air lumayan lama dibandingkan tanah biasa, mudah dalam pembuatan dan mudah dalam penyerapan dalam meperbuat penyiraman. Pemakaian arang sekam lumayan efisien dibandingkan dengan memakai media lain.

2 comments:

  1. arang sekam membawa banyak manfaat untuk pertumbuhan tanaman karena media tanam arang sekam dapat memningkatkan kesuburan tanah dan berfungsi untuk menyehatkan media tanam.

    ReplyDelete
  2. sebagai media tanam, arang sekam memang mantap ... sangat bermanfaat toppp

    ReplyDelete